Jumat, 06 Januari 2012

INDIVIDU KELUARGA DAN MASYARAKAT


Individu adalah seorang manusia yang mempunyai sifat spesifik di dalam dirinya, seorang individu juga disebut sebagai makhluk sosial, yang artinya tidak dapat hidup sendiri, dan selalu membutuhkan orang lain. Seiring berjalannya waktu manusia terus bertumbuh dan menghasilkan generasi baru sebagai penggantinya.
Sedangkan Keluarga adalah kumpulan dari beberapa individu yang hidup dan tinggal bersama, biasanya terdiri dari individu yang memiliki keturunan atau darah daging yang sama, memiliki hubungan khusus (pribadi) serta memiliki ikatan diantara masing-masing anggotaya. Fungsi keluarga sendiri, yaitu:
-         Afeksi adalah bentuk fungsi keluarga yaitu memberikan kasing sayang satu sama lain diantara sesama.
-         Security (keamanan) adalah bentuk fungsi keluarga yaitu memberikan rasa aman, dan menciptakan kenyamanan dalam keluarga.
-         Indentifikasi  dan sosialisasi adalah bentuk fungsi keluarga yaitu keluarga merupakan suatu tempat untuk mengembangkan diri serta memberikan identitas serta tempat sosialisai pertama yang sangat berperan penting sebelum masyarakat dan lingkungan sekitar.
-          Kontrol adalah bentuk fungsi keluarga yaitu mempertahankan kontrol sosial yang ada di keluarga.



Masyarakat adalah gabungan dari beberapa keluarga yang berkumpul dan 
bertempat tinggal di wilayah yang sama dan relatif berdekatan. Masyarakat adalah tempat sosialisasi setelah keluarga dan sekolah dimana masyarakat sekitar juga sangatlah penting dalam pembentukan pribadi seseorang. Dimana, pada masyarakat terdapat berbagai karakter, perilaku, dan sifat yang berbeda-beda. Yang pada akhirnya seringkali menyebabkan terjadinya konflik atau permasalahan yang amat sangat rumit. Banyak sekali terjadi suatu individu dapat dikatakan gagal karena sosialisasi yang tidak sempurna, ini dikarenakan bukan hanya gagal dalam keluarga, melainkan gagal dalam sosialisasi di lingkungan yang bertolak  belakang dengan sosialisasi pada keluarga dan sekolah. Karena pergaulan serta lingkungan sekitar sangatlah berdampak besar bagi kepribadian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar